Cara Kerja AC Mobil
Sabtu, 02 Maret 2013
Cara Kerja AC mobil
Diposting oleh
Agunk_Rombenk
di
15.59
0
komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
propeller shaft
Diposting oleh
Agunk_Rombenk
di
15.50
0
komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
yamaha vixion
Diposting oleh
Agunk_Rombenk
di
09.40
0
komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Soal Latihan AC
LATIHAN SOAL SISTEM AC
1.
Pada
siklus sistem AC gas refrigrant yang
bertekanan tinggi akan berubah menjadi cair pada komponen :
a.
Evaporator d. Condensor
b.
Expansion valve e. Compresor
c.
Receifer/dryer
2. Komponen pada system
AC yang berfungsi memompakan Refrigrant yang berbentuk gas agar
tekanannya meningkat sehingga juga akan mengakibatkan temperaturnya meningkat
adalah ….
a.
Evaporator
b.
Expansion
valve
c.
Recifer/dryer
d.
Compresor
e.
Condensor
3.
Komponen
pada system AC yang berfungsi untuk menampung Refrigerant cair untuk
sementara, yang untuk selanjutnya mengalirkan ke Evaporator melalui Expansion
Valve, sesuai dengan beban pendinginan yang dibutuhkan adalah ….
a.
Evaporator
b.
Expansion
valve
c.
Recifer/dryer
d.
Compresor
e.
Condensor
4. Komponen pada system
AC yang berfungsi untuk mengabutkan Refrigrant kedalam Evaporator,
agar Refrigerant cair dapat segera berubah menjadi gas adalah ….
a.
Evaporator
b.
Expansion
valve
c.
Recifer/dryer
d.
Compresor
e.
Condensor
5. Komponen pada system
AC yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara yang melalui sirip-sirip
pendingin, sehingga udara tersebut menjadi dingin adalah ….
a.
Evaporator
b.
Expansion
valve
c.
Recifer/dryer
d.
Compresor
e.
Condensor
6.
Untuk
menghidari berkurangnya efek pendinginan yang disebabkan pembekuan air yang ada
di fin pada Evaporator yang terlalu dingin < 0oC pada
system AC maka dipasang peralatan tambahan ….
a.
Anti Frosting Devices
b.
Elemen
pemanas
c.
Preasure
switch
d.
Blower
e.
Sirip
– sirip
7. Untuk mengontrol tekanan
pada sisi tekanan tinggi apabila pada sisi tekanan tinggi terjadi tekanan
berlebih atau terlalu rendah, maka
secara otomatis akan menyetop switch
sehingga magnetic clutch
menjadi off pada system AC maka dipasang peralatan tambahan ….
a.
Anti
Frosting Devices
b.
Elemen
pemanas
c.
Preasure
switch
d.
Blower
e. Expansion valve
8.
Di
bawah ini merupakan jenis compressor system AC tipe rotary adalah ….
a.
Tipe
Crank
b.
Tipe
Swash Plate
c.
Tipe
Reciprocating
d.
Tipe
in line
e.
Tipe Through Vane
a. gas tidak berubah
b. gas bertekanan
tinggi
c. gas bertekanan rendah
d. cair bertekanan tinggi
e. cair bertekanan rendah
10. Dari gambar diatas, proses yang terjadi dari no
1 ke no 2 disebut.....
a. Evaporasi
b. Expansi
c.
Condensasi
d. Refrigerasi
e. Compressi
11. Komponen pada system
AC yang berfungsi menyerap panas pada Refrigerant yang telah
dikompresikan oleh kompresor dan mengubah refrigrant yang berbentuk gas menjadi
cair (dingin) adalah ….
a. Kompresor d. Kondensor
b. Katup ekspansi e. Manometer.
c. Kopling Magnet
12.
Komponen pada sistem AC
yang berfungsi memutus dan menghubungkan putaran kompresor dengan putaran mesin
adalah ....
a. Kompresor d.
Kondensor
b. Katup ekspansi e.
Manometer.
c. Kopling
Magnet
13.
Diagnosis
awal pada kerusakan system AC adalah….
a.
Pemeriksaan
tekanan pada kondensor
b.
Pemeriksaan
temperature pada recifer driyer
c.
Pemeriksaan
temperature pada evaporator
d.
Pemeriksaan tekanan pada katup ekspansi
e.
Pemeriksaan
temperature pada katup ekspansi
14.
Untuk
mencegah mesin mati saat system AC dinyalakan pada kendaraan maka pada
karburator dilengkapi sistem….
a.
Pengaya
b.
Idle up
c.
Pompa
akselerasi
d.
Choke
e.
Putaran
stasioner
15.
Alat
yang berfungsi untuk mengosongkan dan mengisi refrigerant pada system AC
dinamakan ….
a.
Manometer d. Manifold gauge
b.
Recifer
dryer e.
Signal Glass
c.
Kompresor
16.
Di
bawah ini merupakan kelebihan zat pendingin system AC tipe R 12, kecuali….
a.
Mendidih pada 29,8oC dalam tekanan atmosfir
b.
Stabil pada temperatur
baik tinggi maupun rendah
c.
Tidak menimbulkan reaksi
terhadap logam
d.
Dapat larut bila
dicampur dengan minyak
e.
Kurang bereaksi terhadap
karet
17.
Yang bukan termasuk
dalam proses pengisian refrigrant
pada sistem AC mobil adalah ....
a.
Pemasangan
manifold gauge
b.
Menghidupkan kompresor
c.
Penggunaan
pompa vacuum
d.
Pengisisan
awal (cair)
e.
Pengisisan
lanjut (Gas)
18.
Bila
pada system AC Refrigrant tidak bersikulasi, maka pernyataan di bawah ini yang
salah adalah ….
a.
AC
tidak dingin
b.
Terjadi
penyumbatan pada Expansion valve
c.
Kompresor
rusak
d.
Pengukuran tekanan rendah > 76 cmHg
e.
Expansion
valve rusak
19.
Di
bawah ini merupakan akibat pengisian refrigerant yang berlebihan, kecuali ….
a.
Dalam proses pengisian
refrigerant terlalu berlebihan
b.
Kondensor tidak bekerja
dengan baik
c.
Kopling fluida kipas
radiator slip
d.
Tali kipas kompresor
kendor
e.
AC terasa lebih dingin
20.
Dibawah
ini termasuk kelebihan dari zat refrigerant, kecuali ….
a.
Mendidih pada–29,8oC
dalam tekanan atmosfir
b. Stabil pada temperatur baik tinggi maupun rendah
c.
Tidak menimbulkan reaksi
terhadap logam
d.
Dapat larut bila
dicampur dengan minyak
e.
Bereaksi
terhadap karet
21.
Untuk
mengetahui penuh atau tidaknya Freon saat diisi adalah sebagai berikut :
a.
Dengan
melihat pada kaca pengontrol
b.
Dengan
melihat tekanan pada manometer
c.
Mengisi
sesuai dengan berat pendingin yang masuk ke dalam system sesuai dengan buku
manual
d.
Dengan
menimbang tabung Freon
e.
Jawaban A, B, dan C benar
Diposting oleh
Agunk_Rombenk
di
09.25
0
komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Langganan:
Postingan (Atom)